كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ PECINTA RASULULLAH.COM menyajikan artikel-artikel faktual sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi demi kelestarian aswaja di belahan bumi manapun Terimakasih atas kunjungannya semoga semua artikel di blog ini dapat bermanfaat untuk mempererat ukhwuah islamiyah antar aswaja dan jangan lupa kembali lagi yah

Rabu, 05 September 2012

*** Mereka Salah Memahami Arti “Thaghut”! ***



Thaghut dari segi etimologi berarti “melampaui batas.” Dari segi terminologi, thaghut mempunyai beberapa pengertian sesuai pendapat para ulama: setan, al-kahin (dukun), tandingan-tandingan selain Allah, berhala-berhala, dan segala sesuatu yang dengannya seorang hamba melampaui batas, baik berupa yang diibadahi, yang diikuti, atau yang ditaati.

Siapakah thaghut? Apakah pemerintah dan aparatnya, mulai dari Presiden, menteri, gubernur, bupati, camat hingga ketua RT, bisa disebut thaghut? Apakah pegawai negeri seperti guru, dosen, pegawai rumah sakit yang menolong orang melahirkan, pegawai kantor pos yang mengantar surat, pegawai PLN yang mencatat rekening listrik, pegawai dinas kebersihan yang mengutip sampah setiap pagi, Polisi yang berjemur menjaga lalu lintas di tengah jalan, TNI yang membangun jalan dan jembatan di desa, ustadz dan ulama yang berkhutbah di masjid-masjid, anak-anak sekolah mulai dari SD hingga SMA dan mahasiswa, bisa disebut thaghut?


Kalau jawabnya “ya”, berarti kita semua adalah “thaghut”. Itu berarti, Islam semakin tumbuh sebagai tragedi kemanusiaan ketimbang sebagai “rahmat”, juga serta merta menyuguhkan suasana traumatik di kalangan umat beragama. Berarti ada yang salah dalam pemahaman beragama kita, sehingga kita salah kaprah dalam memahami istilah-istilah yang diproduksi ajaran Islam. Kerancuan ini sekaligus menjadikan istilah-istilah itu sebagai doktrin dan agitasi yang menimbulkan radikalisasi dan perpecahan.


Tetapi demikianlah, dengan doktrin, semuanya bisa “dibereskan”. Mengapa doktrin? Karena masih ada pemimpin-pemimpin di jaringan underground yang bisa memberikan pengaruh kepada rekrutan-rekrutan baru. Apalagi doktrin dan agitasi dengan menggunakan bahasa agama sulit dideteksi dan juga tidak ada undang-undang yang bisa menjerat mereka yang menganjurkan kebencian atau perbuatan teror.


Gerakan Islam dengan karakter-karakter “radikal” atau “ekstrim” jelas sarat dengan kekerasan dan cenderung menghalalkan agitasi dan peperangan. Gerakan Islam seperti ini pun kemudian mengagitasi umat secara ideologis dengan mengacaukan gambaran perjuangan Islam yang hakiki, mempersulit perjuangan dengan mengusung interpretasi yang “salah” terhadap simbol-simbol Islam. Tidak heran bila kejadian-kejadian teror yang marak belakangan ini serta merta dikaitkan dengan kelompok jihadis yang mengusung kekerasan sebagai basis penghayatan dan applikasi beragamanya. Ambil contoh JAT (Jama’ah Ansharut Tauhid) yang berideologi “jihad dan dakwah” lebih mengedepankan indoktrinasi dan brain washing (cuci otak) ketimbang nilai-nilai moral dan humanisme ajaran Islam. Akibatnya, semua orang yang berseberangan dengan pemahaman mereka dianggap “thaghut” dan musuh yang harus dihabisi melalui aksi-aksi kriminal yang dijustifikasikan sebagai ajaran Islam seperti “ightiyalat” (operasi membunuh aparat) dan “isytisyhadiah” (bom bunuh diri).


Konsep “thaghut” ditafsirkan secara sepihak, seolah-olah thaghut bermakna tunggal, yaitu penguasa yang zalim, korup, menindas dan tidak adil. Pemerintah dan semua aparatur negara dijadikan target tuduhan kafir, musyrik. Padahal, hingga hari ini, tak ada satupun definisi thaghut yang dapat disepakati oleh semua pihak, baik ulama terdahulu (salaf) maupun ulama kontemporer (khalaf). Artinya, telah terjadi ikhtilafan katsiran (perbedaan pendapat yang banyak) sejak dahulu dalam memaknai thaghut. Oleh karena hal itu telah menjadi ajang konflik dan medan pertarungan pemikiran, maka tidak ada siapapun yang berhak memberikan justifikasi dan mengklaim interpretasinya yang paling benar atau mempunyai legalitas di sisi syari’at. Tentu saja pendapat segelintir orang tidak bisa menjadikan yang haram itu halal, namun fakta ini bisa menjadi petunjuk bahwa pendapat ulama dalam hal ini tidaklah tunggal.


Kesalahan dalam memahami pengertian thaghut berpengaruh dalam gerakan jihadis berhaluan keras. Jadi, radikalisme yang hadir di Indonesia bukan semata-mata sebagai fenomena impor tetapi salah kaprah di dalam memahami konsep politik Islam. Artinya, pemanipulasian konsep thaghut menjadi pendorong aksi-aksi teror mereka.


Para ekstremis dan teroris religius, meminjam istilah John L. Esposito, telah memperkuat kepercayaan ini tatkala mereka dengan bebasnya mendeklarasikan jihad untuk mensahkan serangan-serangan terhadap pembunuhan semua orang yang tidak sependapat dengan mereka. Gerakan jihad semacam ini tidak mendapat dukungan luas dari umat keseluruhan.


Maraknya gerakan radikalisme dalam masyarakat Muslim secara langsung memperteguh citra lama tentang Islam bahwa pada dasarnya agama ini bersifat radikal dan intoleran. Kesan ini sulit dibantah, karena gelombang radikalisme Islam telah menjadi bagian penting dari rentetan kekisruhan politik sejak pertengahan abad ini. Meskipun demikian, sulit pula membenarkan pandangan yang umumnya tersebar dalam media massa Barat bahwa radikalisme adalah ciri inheren Islam. Karena ciri utama agama ini sebenarnya adalah rahmatan lil ‘alamien, bukan ghadhab (radikalisme) dan irhab (terorisme).


Maka diperlukan agenda prioritas untuk mengembalikan salah kaprah ini sehingga umat Islam bisa menjadi penyumbang terbesar terhadap kedamaian dunia yang menepati misi suci agama ini sebagai “rahmatan lil ‘alamien.”

9 komentar :

  1. Mudah-mudahan, Pemahaman Antum Tentang Thaghut adalah berdasarkan Pemahaman Allah dan Rasul-Nya...Jika Pengkajian Antum karena Hanya Pemikiran dan Logika Antum saja, maka tidak ada keharusan mengikuti Pemahaman Antum...Apalagi Men-Judge orang lain salah.

    BalasHapus
  2. Pemerintahan Fir'aun adalah Thaghut, juga para pengikutnya karena menandingi Kepemimpinan Allah d muka bumi dengan menyatakan dirinya Tuhan dan tidak memggunakan Hukum Allah disana. Allah mengutus Nabi Musa untuk menyelamatkan Fir'aun dan pengikut-nya dari Pemerintahan Thagut yang mereka ciptakan sendiri. Sembahlah Allah, Jauhi Thagut, ikutilah Nabi Musa sebagai pemimpin mereka di muka bumi. Itulah Pemerintahan Allah. Sudahkah kita masuk kedalam Pemerintahan Allah (Kerajaan Allah).

    BalasHapus
  3. Pemerintahan Fir'aun adalah Pemerintahan Thagut, karena telah melampaui batas yaitu melampaui kehendak dan petunjuk Allah di bumi. Bagaimana dengan pemerintahan yang ada saat ini?. Silahkan Antum kaji pemerintah saat ini dengan petunjuk dari Allah.

    BalasHapus
  4. Allah menghendaki agar manusia menjadikan Hukum Allah digunakan dalam urusan manusia. Sudahkah pemerintah saat ini memenuhi kehendak Allah? Silahkan Antum putuskan.

    BalasHapus
  5. Jika pemerintahan saat ini adalah thaghut, maka yang harus umat Islam adalah mencukupkan diri dengan Mengikuti Pemerintahan Allah saja. Ikutilah utusan Allah (Muhammad saw), maka manusia telah masuk kedalam Pemerintahan Allah. Inilah jamaah yang Allah janjikan akan masuk syurga.

    BalasHapus
  6. Jika kita telah mengenal bahwa pemerintahan saat ini adalah Thaghut, maka yang harus kita lakukan adalah mengajak manusia yang terlibat dalam pemerintahan thaghut agar mereka meninggalkan thaghut itu dan mengikuti Allah saja dalam Pemerintahan-Nya (Menyembah-Nya, mengikuti hukum-Nya, melanjutkan kepemimpinan Rasul-Nya, Mengajak manusia masuk kedalam-Nya, dan memerangi siapapun yang hendak menghancurkan Kepemimpinan Rasul-Nya).Inilah agama yang lurus.

    BalasHapus
  7. Masih bersediakah kita menjadi bagian dari para pengikut thaghut? Jangan sampai seperti orang yang Yahudi. Mereka berharap kepada Tuhannya agar diberi petunjuk oleh Allah dengan diturunkannya nabi terakhir dan kitab-Nya. Tp ketika kebenaran turun dr Tuhannya itu, kaum Yahudi malah berpaling dan menyombongkan diri. Seperti itukah umat muslim saat ini?

    BalasHapus
  8. Jangan sampai kita seperti orang Yahudi yang karena kesombongan dan keberpalingannya dari petunjuk Allah, malah membenarkan thaghut. Bukankah aneh, umat muslim saat ini menyembah dan membenarkan Allah, namun d sisi lain membenarkan thaghut pula. Apakah sah ibadahnya selama ini? Mungkinkah kita termasuk orang yang selalu berbuat kebaikan, tapi disisi Allah kebaikan itu seperti debu yang beterbangan?

    BalasHapus
  9. Thaghut itu pada hakikatnya adalah syetan, baik syetan jin maupun manusia. Jangan sampai umat islam menjadi pengikut mereka. Biarkan saja mereka yang masih mengikuti seruan Thaghut, tp mari kita perbaiki seruan kita menuju Allah dan Rasul-Nya dan pengingkar seruan Thaghut.

    BalasHapus

Anda sopan kamipun segan :)