ALLAH TA'ALA TIDAK BERTEMPAT
Barangsiapa yg mengatakan Allah bertempat itu sm dgn menyamakan dgn makhluqNya.
Ddalam tafsir imam fakhruddin muhammad bin umar bin husain bin hasan bin ali at tamimi albakri ar rozi asy syafi'i lahir tahun 544 h,dan wafat tahun 604 hijriah,tafsir ini cetakan darul kutub berjumlah 33 jilid yg dbagi 2 menjadi 16 jilid aja,dgn harga nya skrg 1juta 300rb rupiah,
Dalam jilid ke 13 dan 14 (kalau dsatukan ini jilid ke 7) pada halaman 83 baris ke 14 dari atas kitab dsni awal2 ada membahas tntng istawa Alal arsy,pembahasan yg panjang smpy 7 halaman,dr halaman 83 smpy halaman 96,
Hasil pembahasan yg panjang ini adalah Allah tdk menempati arsy,dan Allah tdk bertempat
Sdgkan dalam tafsir alallamah syihabuddin sayid mahmud al alusi al bagdad wafat tahun 1270 hijriah,yg berjumlah 16 jilid,cetakan darul kutub,harganya sktr 1 juta 100rb,dtafsir ini awal2 membhas arsy pd jilid ke 3,halaman 374 baris ke 5 dr atas ktb,dgn pembahasan singkat 2 halaman saja,
Hasil akhrnya adalah tafwidh (menyerahkan maknanya murni kpd Allah,bkn istila,bkn istiqra)
Sdgkan dlm tafsir tanwirul miqbas tafsir ibnu abbas,cetakan darul fikr 1 jilid saja,yg harganya skrg 60rb rupiah,awal2 membhas arsy letaknya halaman 157 baris ke 19 dr atas ktb,
Hasil akhirnya adalah
عمد إلى خلق العرش
Bukan bertempat
Sdgkn dlm tafsir baidhowi yg berjumlah 2 jilid,cetakan darul kutub,yg harganya sktr 150rb,awal2 membhs arsy ada di halaman 341 baris ke 6 dr bwh ktb,
Hasil akhrnya adalah istawla,atau istiwa tanpa kaif,dan tdk bertempat dan tdk bersemayam
Sdgkn dalam tafsir imam khazin cetakan darul kutub 4 jilid,yg harganya sktr 250rb,awal2 membicarakan arsy pd halaman 207 baris ke 9 dr bwh ktb,
Hasil akhrnya adalah beliau memajazkan dan meistirohkan arsy dgn kmuliaan,dan ada jg mentafwidh kan,dan tdk menempatkan zat Allah ada di arsy
Adapun dlm tafsir ibnu katsir cetakan darul kutub,4 jilid yg harganya 250rbn,awal2 membhs arsy itu pd jilid 2 ,halaman 212 baris ke 6 dr bwh kitab,
Hasil akhirnya
ومن شبه الله بخلقه كفر
Walhasil imam ibnu katsir tdk menyerupakan Allah dgn makhluqnya,yaitu mempunyai tempat,adapun perkataan salafussholih,spt malik,auza'i,atstsauri,laits,syafi'i,ahmad,ishaq,mereka membiarkan ayat ini tanpa takwil,tanpa takyif,tanpa tasybih,alias menyerahkan maknanya kpd Allah,alias mereka tdk mengatakan Allah bersemayam dan menempati arsy,
Dalam tafsir syekh ali shabuni cetakan darul kutub,3 jilid,harganya sktr 200rbn,awal2 membhs istawa itu djilid 1 halaman 480 baris ke 7 dr bwh ktb,
Hasil akhirnya beliau mengikuti salafiyin,dgn tanpa menyerupakan dgn makhluq,dan jgn djadikan pertanyaan,ini jg trmasuk tafwidh,menyerahkan sepenuhnya kpd Allah,alias Allah maujudun bilaa makaan
Adapun dlm tafsir jalalain,cetakan darul fikr,1 jilid aja,harganya 45rb,awal2 membhs istawa pd halaman 119 baris ke 15 dr bwh ktb,beliau mentafsirkan dgn ringkas sm dgn salaf,istiwaan yaliqu bihi,
Adapun dlm hasyiah jalalain oleh alallamah Showi 4 jilid, cetakan darul kutub,harganya sktr 250rbn,awal2 membhs istawa itu pd halaman 532 jilid 1 pd baris ke 15 dr bwh ktb,pembhasanx sm dgn ktb2 tafsir yg sy tls diatas,
Adapun dlm hasyiah jalalain yg lain,oleh imam sulaiman al jamal,yg dnamakan futuhatul ilahiyah,8 jilid cetakan darul kutub harganya 600rb,awal2 membhs arsy pd jilid ke 3 halaman 48 baris terakhr dr bwah ktb menuju ke halaman 49,
Hasil akhirnya adalah beliau mentafwidh makna nya menurut ulama salaf jg,
Sedangkan penafsiran yg meringkas keseluruhan ktb2 tafsir yg saya sebutkan di atas td adalah tafsir marahul labid syekh nawawi banten,cetakan darul fikr 2 jilid,harganya sktr 100rbn,awal2 membhs istawa yaitu djilid 1 halaman 311 pd baris awal2 diatas ktbnya
Hasilnya Allah ta'ala mengatur makhluqnya atas yg ia kehendaki,dan menampakkan kekuasaanx bkn untk menempatinya,beliau membwakan ayat ini dgn majaz kinayah (isti'arah makniah),
Wal hasil Allah ta'ala itu ada tanpa tempat,apbila Allah dkatakan bertempat di arsy,maka dia menyamakan dgn makhluq,
kata ibnu katsir diatas td:apabila seseorang menyamakan tuhan nya dgn makhluq,maka dia kafir
Senin, 13 Februari 2012
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Anda sopan kamipun segan :)