Apabila tulisn ini bagus maka yang bagus itu datangnya dari Allah,tp apabila ada kekurangan maka itu karena keterbatasan ilmu saya.
أم اتخذوا من دون الله شفعاء قل أولو كانوا لا يملكون شيئا ولا يعقلون. قل لله الشفاعة جميعا
Az zumar ayat 43
Bahkan mereka menjadikan yg slain Allah sebagai penolong (wasilah yg bs menyampaikan hajat apapun kpd Allah,spt minta pertolongan,minta berkah dan lain2),katakan lah wahai nabiku kpd mereka,apakah kamu tetap bertawassul kepada yg tdk memiliki apapun dan tdk mempunyai akal apapun.
Katakan lagi hanya kpd Allah lah seluruh pertolongan itu,
Dalam ayat kursi
من ذا الذي يشفع عنده إلا بإذنه
Tdk ada yg bisa menjadi penolong (wasilah) kecuali orang yg dpt izin Allah,
ولا تنفع الشفاعة عنده إلا لمن أذن له
Tdk bs memberi manfaat wasilah siapapun dsisinya kecuali orang2 yg dpt izin nya
Dari ayat ini bnyk yg dpt kt ambil faidah
(1).orangyang meminta pertolongan (bertawassul) kpd slain Allah itu syirik atau kafir (krn khitabnya wkt itu kpd musyrikin mekah yg menyekutukan Allah)
(2).dlm ayat ini yg dmaksud slain Allah itu adalah yg tdk mempunyai apapun dan tdk berakal,
Dsini ada maani'atul khulwin,maani'atu jam'in,maani'atu khulwin wajam'in
(A).Apabila mempunyai sesuatu manfaat tp tdk berakal spt binatang (spt sapi yg punya susu),maka tawassulnya itu syirik spt penyembah sapi di india,yg mereka menyangka bhw sapi lah yg menolong mereka,atau sbgai penjembatan kpd tuhan untk menolong mereka
(B).apabila mempunyai akal tp tdk punya manfaat ( tdk dberikan Allah izin untk sbagai penjembatan/wasilah kpd nya) spt manusia biasa (bukan orang sholeh aplg auliya),tawassul kpd mereka trmasuk syirik ,spt minta tolong kpd dukun,dan seumpamanya,yg mereka yakini dukun ini lah yg akan menyampaikan hajat mereka,atau menyambungkan hajat mereka kpd Allah (pdhl dukun itu tdk pernah sholat,puasa dll)
(C).yg tdk berakal dan tdk mempunyai apapun,yaitu batu berhala (inilah yg dmaksud dalam ayat diatas,yg berpendapat para ulama mufassir spt
1.imam jalalain
2.imam nawawi
3.imam fakhrurrazi
4.imam alusi
5.imam khazin
Dan jumhur ulama lain) yg mereka menyangka batu berhala itu adalah tuhan atau sesuatu penolong atau suatu wasilah yg bs menyampaikan hajatnya kpd tuhan.dan ini adalah kesyirikan yg nyata,
(D).yg mempunyai akal sempurna dan memiliki keutamaan dan keistemawaan dsisi Allah spt para ulama sholihin (mereka ini lah yg dapat izin Allah untk dmintai tawassul dan pertolongan atau penyambung hajat dan berkah kpd Allah).krn mafhum mukhalafah dr ayat di atas adalah bolehnya meminta pertolongan atau penyambung hajat kpd Allah dgn orangyg mempunyai keistimewaan dan mempunyai akal sempurna spt ulama sholihin atau auliya
Hasil dari pembhasan diatas
1.tdk boleh meminta pertolongan kpd berhala wlwpun niatnya untk penyambung hajat kpd Allah
2.tdk boleh meminta pertolongan kpd manusia biasa wlwpn niatnya jg penyambung hajat kpd Allah,dgn menyalahi syariat,spt kpd dukun,para normal dll,
3.boleh meminta pertolongan kpd orang yg berakal dan mempunyai keutamaan,spt dokter,atau bantuan2 manusia pd umum nya,tp dalam keadaan tdk meyakini dlm hati bhw yg menolongx adalah orang itu,dan apabila dokter ini atau orng biasa ini udah mati,maka tdk boleh bertawasul kpd mereka,dgn dalih apapun,dan hanya kpd Allah lah sgala kesembuhan itu,
4.boleh kt meminta wasilah lewat ulama sholihin krn mereka lbh sempurna akalnya dan ilmunya dan keutamaannya,dan krn kedekatan mereka dgn Allah,dan mereka lah yg dpt izin memberi syafaat,krn mereka pewaris para nabi
Hasil akhir,bertawassul kpd ulama sholihin dan para wali itu tdk syirik dgn di fhm dr ayat di atas bhw mereka punya keistimewaan
ألا إن أولياء الله لا خوف عليهم ولا هم يحزنون
dan punya akal sempurna
(maksud punya akal sempurna adalah takut kpd Allah)
إنما يخشى الله من عباده العلماء
Sama ada mereka hidup atau mati,krn mereka tdk mati
بل أحياء عند ربهم يرزقون فرحين بما آتاهم الله من فضله
Sebaliknya tawassul kpd benda mati,spt berhala,keris,atau seseorang manusia biasa yg tdk punya martabat dsisi Allah,atau air yg bkn dr ulama sholihn,itu lah yg dnamakan syirik,
Kmdyn sepantasnya bagi orangyg bertawassul kpd para ulama sholihin td agar jgn meyakini dlm hati bhw ulama sholihin itu yg menyembuhkanx,atau menolongx,atau menympaikan hajatnya,tp mereka hanya sbagai perantara saja,krn dlm alquran
ما كان لبشر أن يؤتيه الكتاب والحكم والنبوة ثم يقول للناس كونوا عبادا لي من دون الله ولكن كونوا ربانيين بما كنتم تعلمون الكتاب وبما كنتم تدرسون
Jd jelas lah dsini kebolehan tawassul dgn para nabi,dan ulamanya
Sdgkan kpd slain mereka itulah syirik
Martapura
6 mei 2011
Khadim madrasah tahfizh alquran darussalam martapura
Senin, 13 Februari 2012
Apabila tulisn ini bagus maka yang bagus itu datangnya dari Allah,tp apabila ada kekurangan maka itu karena keterbatasan ilmu saya.
Langganan:
Posting Komentar
(
Atom
)
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Anda sopan kamipun segan :)