كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ PECINTA RASULULLAH.COM menyajikan artikel-artikel faktual sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi demi kelestarian aswaja di belahan bumi manapun Terimakasih atas kunjungannya semoga semua artikel di blog ini dapat bermanfaat untuk mempererat ukhwuah islamiyah antar aswaja dan jangan lupa kembali lagi yah

Senin, 06 Februari 2012

DALIL-DALIL KITA DISURUH MEMBACA SHOLAWAT ATAS NABI KITA MUHAMMAD SAW

By 'aLa Kulli Haal

Mudah-mudahan semua wahabi/salafi indonesia yang baca artikel ini diberi hidayah oleh Allah azza wajalla, amin....
Dalil kita disuruh membaca sholawat atas nabi Muhammad SAW sama ada sendiri atau berjamaah.

قال تعالى : إن الله وملئكته يصلون على النبي ياأيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما

إن حرف توكيد ونصب

الله لفظ الجلالة اسم إن منصوب

وملئكته واو عطف على الله فإن عطفت على منصوب نصبت،والهاء مضاف إليه في محل خفض

يصلون فعل مضارع من أفعال الخمسة أصله يصليون سكنت الياء لثقلها ثم حذفت للتقاء الساكنين ويعطى حركة اللام بالضم لئلا يلتزم خروج من كسرة التحقيقية إلى ضمة التقديرية فصار يصلون،فيه فعل وفاعل وفاعله واو الجمع والنون علامة الرفع والجملة فيهما خبر إن

على حرف جر متعلق بيصلون

النبي مجرور بعلى والألف واللام فيه للعهد الذكر لأن الآية قبله ذكر اسم سيدنا محمد

ياأيها يا، حرف النداء مبني على السكون، أي منادى مبني على الضم في محل نصب مفعول به لفعل النداء والهاء للتنبيه زيادة

الذين اسم موصول لجمع المذكر العاقل مبني على الفتح في محل نصب نعت لأي

آمنوا فعل ماض مبني على الفتح المقدرة منع منها حركة الضمة لاشتغال المحل المناسبة للواو الجمع صلة الموصول والواو فاعله والألف بعد الواو حرف عماد أو تفريق بين الجمع والوحدة

صلوا فعل أمر مبني على حذف النون فيه يفيد الإنشاء

عليه جار ومجرور فعلى متعلق لصلوا والهاء في محل خفض

وسلموا فعل أمر مبني على حذف النون فيه يفيد الإنشاء

تسليما مفعول مطلق يفيد التوكيد والنوع

Makna sesuai ilmu nahwu :
( Inna hrf taukid dan nashab ) Sesungguhnya benar-benar Allah dan para malaikatnya
(yushalluuna fi'il mudhari memberi faidah istimrar)
Terus menerus Allah memberi rahmat, dan malaikatnya mendoakan memintakan ampun atas ( annabi alif lam lil ahdiz zihni ) nabi Muhammad Shollallahu Alaih Wasallam.

Wahai orang-orang yang beriman ( allazina, disini ada isim maushul untuk laki-laki yang berakal, lalu ada pertanyaan, apakah untuk wanita tidak termasuk, apakah untuk jin tidak termasuk, kmungkinan semuanya termasuk dengan qaidah ushul fiqh, hamlul muthlaq 'alal muqayyad )
Bersholawatlah kalian atas beliau ( shollu amr lil ujub atau lin nadb, walaupun dalam hadist cara brsholawat sudah diajarkan Rasulullah, tapi dalam ushul fiqh boleh kita bersholawat degan menambah-nambah sholawat dan pujian-pujian yang lain seperti bermaulidan ) dan beri salamlah salam penghormatan dan kebesaran untuk beliau.

Diatas sudah jelas bahwa pengambilan dalil maulid ( makna maulid dengan had tam disisi kami : Bersholawat brsama-sama orang banyak memuji dan mendoakan rasul sama ada stahun skali atau tiap hari sambil bershodaqah dan menggembirakan orang lain ) diambil dari ayat diatas dan hadist driwayatkan dari imam Ahmad tentang bagaimana sholawat kepada Rasulullah SAW.
Penambahan pada sholawat dibolehkan asal tidak menyalahi dengan AlQur'an dan Hadist ( liat ushul fiqh luma abu ishaq syairazi ) hukumnya boleh, dan bahkan mandubah.

Nah kepada wahabi, kalau kalian tidak setuju dengan dalil yang saya ajukan ini, silahkan debat dengan ilmu,
dan tunjukkan dimana saja yang tidak cocok dengan maulid nabi yang kami kerjakan pada :
1. Insya tholabi nya?
2. Ijaz nya?
3. Ithnab nya ?
4. Qashar nya?
5. Musnad nya?
6. Musnad ilaih nya?
7. Maudhu nya?
8. Mahmul nya?
9. Qadhiyah hamliah nya?
10. Qiyas iqtirani wasy syarti nya ?
11. Majaz nya ?
12. Isti'roh musharrahah nya ?
13. isti'roh takhyiliyah nya ?
14. isti'roh makniah nya?
15. dalalah iltizam nya ?
16. dalalah muthobaqahnya?
17. dalalah tadhammun nya?
18. mahkum alaih nya?
19. mahkum bihnya ?
20. natijah, atau istinbat atau hasil akhirnya bagaimana menurut anda-anda wahai para wahabi salafi ?

Kalau tidak bisa menunjukkan, mending diam saja, jangan taklid buta dengan Abdul Aziz, Bin baz, atau Albani yang mengatakan maulid adalah bid'ah dholalah, ini adalah fatwa ter GOBLOK yang pernah saya temui...!!! ^_^

Padahal fatwa-fatwa dari orang-orang yang lebih alim darr dia sangat banyak.
Seperti fatwa gurunya imam Nawawi, yaitu Abu syamah.

قال الإمام أبو شامة شيخ النووي
Berkata imam abu syamah beliau adalah guru imam nawawi ( Abu syamah ini adalah ulama ahli AlQur'an, takwil, tafsir, ushul, dan paling ahli qiraat pada masanya, sehingga pada masa beliau hidup, beliaulah yang jadi tujuan orang-orang untuk pengembalian hukum, karena sangat alim nya beliau, dan pada masa itu beliau lah yang paling alim, dalam kitab itqon karangan imam sayuthi, kebnyakan qaul-qaul dari masalah ilmu ushul tafsir, pengambilan beliau dari imam Abu syamah ini, dan imam Abu syamah ini juga pensyarah matan syatibiyah pada qiraat )
: ومن أحسن ما ابتدع في زماننا
Sebagian dari sebagus-bagusnya yang dibid'ah kan pada zaman sekarang
ما يفعل كل عام في اليوم الموافق ليوم مولده صلى الله عليه وسلم
Yaitu peringatan yang dikerjakan tiap tahun bertepatan pada hari lahirnya Rasul Shollallahu Alaih Wasallam
من الصدقة والمعروف وإظهار الزينة والسرور
Seperti bershodaqah, berbuat baik, dan menampakkan kebagusan dan kegembiraan
فإن ذلك مع ما فيه من الإحسان إلى الفقراء
Karena bahwsanya itu dsertai apa saja yang ada didalamnya dari berbuat baik kepada faqir miskin

مشعر بمحبة النبي صلى الله عليه وسلم وتعظيمه وجلالته في قلب فاعل ذلك وشكر لله تعالى على ما من به من إيجاد رسول الله الذي أرسله رحمة للعالمين
Merasakan dalam hati yang mengerjakannya itu dengan mencintai Rasulullah SAW dan membesarkanya dan memuliakan nya, dan juga mensyukuri atas pemberian Nya yang bermanfaat seperti ADA NYA RASUL YANG IA UTUS SEBAGAI RAHMATAN LIL 'ALAMIN.

Dan ada juga fatwa yang lainnya tentang maulid.

Fatwa Beberapa Ulama Ahlussunnah

1. Fatwa Syaikh al-Islam

Khatimah al-Huffazh Amir al-Mu ’minin

Fi al-Hadits al-Imam Ahmad Ibn Hajar al-Asqalani. Beliau menuliskan sebagai berikut :

ﺃَﺻْﻞُ ﻋَﻤَﻞِ ﺍﻟْﻤَﻮْﻟِﺪِ

ﺑِﺪْﻋَﺔٌ ﻟَﻢْ ﺗُﻨْﻘَﻞْ ﻋَﻦِ

ﺍﻟﺴَّﻠَﻒِ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺢِ ﻣِﻦَ

ﺍﻟْﻘُُﺮُﻭْﻥِ ﺍﻟﺜَّﻼَﺛَﺔ،ِ

ﻭَﻟﻜِﻨَّﻬَﺎ ﻣَﻊَ ﺫﻟِﻚَ ﻗَﺪْ

ﺍﺷْﺘَﻤَﻠَﺖْ ﻋَﻠَﻰ ﻣَﺤَﺎﺳِﻦَ

ﻭَﺿِﺪِّﻫَﺎ، ﻓَﻤَﻦْ ﺗَﺤَﺮَّﻯ

ﻓِﻲْ ﻋَﻤَﻠِﻬَﺎ ﺍﻟْﻤَﺤَﺎﺳِﻦَ

ﻭَﺗَﺠَﻨَّﺐَ ﺿِﺪَّﻫَﺎ ﻛَﺎﻧَﺖْ

ﺑِﺪْﻋَﺔً ﺣَﺴَﻨَﺔً" ﻭَﻗَﺎﻝَ:

"ﻭَﻗَﺪْ ﻇَﻬَﺮَ ﻟِﻲْ

ﺗَﺨْﺮِﻳْﺠُﻬَﺎ ﻋَﻠَﻰ ﺃَﺻْﻞٍ

ﺛَﺎﺑِﺖٍ .

“Asal peringatan maulid adalah bid ’ah yang belum pernah dinukil dari kaum Salaf saleh yang hidup pada tiga abad pertama, tetapi demikian peringatan maulid mengandung kebaikan dan lawannya, jadi barangsiapa dalam peringatan maulid berusaha melakukan hal-hal yang baik saja dan menjauhi lawannya ( hal-hal yang buruk ) maka itu adalah bid ’ah hasanah”. Al-Hafizh Ibn Hajar juga mengatakan: “Dan telah nyata bagiku dasar pengambilan peringatan Maulid di atas dalil yang tsabit (Shahih) ”.

2. Fatwa al-Imam al-Hafizh as-

Suyuthi. Beliau mengatakan dalam risalahnya Husn al-Maqshid Fi ‘ Amal al-Maulid: Beliau menuliskan

sebagai berikut:

ﻋِﻨْﺪِﻱْ ﺃَﻥَّ ﺃَﺻْﻞَ ﻋَﻤَﻞِ

ﺍﻟْﻤَﻮِﻟِﺪِ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﻫُﻮَ

ﺍﺟْﺘِﻤَﺎﻉُ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ ﻭَﻗِﺮَﺍﺀَﺓُ

ﻣَﺎ ﺗَﻴَﺴَّﺮَ ﻣِﻦَ ﺍﻟﻘُﺮْﺀَﺍﻥِ

ﻭَﺭِﻭَﺍﻳَﺔُ ﺍﻷَﺧْﺒَﺎﺭِ

ﺍﻟْﻮَﺍﺭِﺩَﺓِ ﻓِﻲْ ﻣَﺒْﺪَﺇِ

ﺃَﻣْﺮِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﻭَﻣَﺎ ﻭَﻗَﻊَ

ﻓِﻲْ ﻣَﻮْﻟِﺪِﻩِ ﻣِﻦَ ﺍﻵﻳَﺎﺕِ،

ﺛُﻢَّ ﻳُﻤَﺪُّ ﻟَﻬُﻢْ ﺳِﻤَﺎﻁٌ

ﻳَﺄْﻛُﻠُﻮْﻧَﻪُ

ﻭَﻳَﻨْﺼَﺮِﻓُﻮْﻥَ ﻣِﻦْ ﻏَﻴْﺮِ

ﺯِﻳَﺎﺩَﺓٍ ﻋَﻠَﻰ ﺫﻟِﻚَ ﻫُﻮَ

ﻣِﻦَ

ﺍﻟْﺒِﺪَﻉِ ﺍﻟْﺤَﺴَﻨَﺔِ ﺍﻟَّﺘِﻲْ

ﻳُﺜَﺎﺏُ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﺻَﺎﺣِﺒُﻬَﺎ

ﻟِﻤَﺎ ﻓِﻴْﻪِ ﻣِﻦْ ﺗَﻌْﻈِﻴْﻢِ

ﻗَﺪْﺭِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ﻭَﺇِﻇْﻬَﺎﺭِ

ﺍﻟْﻔَﺮَﺡِ ﻭَﺍﻻﺳْﺘِﺒْﺸَﺎﺭِ

ﺑِﻤَﻮْﻟِﺪِﻩِ ﺍﻟﺸَّﺮِﻳْﻒ.ِ

ﻭَﺃَﻭَّﻝُ ﻣَﻦْ ﺃَﺣْﺪَﺙَ ﺫﻟِﻚَ

ﺻَﺎﺣِﺐُ ﺇِﺭْﺑِﻞ ﺍﻟْﻤَﻠِﻚُ

ﺍﻟْﻤُﻈَﻔَّﺮُ ﺃَﺑُﻮْ ﺳَﻌِﻴْﺪٍ

ﻛَﻮْﻛَﺒْﺮِﻱْ ﺑْﻦُ ﺯَﻳْﻦِ

ﺍﻟﺪِّﻳْﻦِ ﺍﺑْﻦِ ﺑُﻜْﺘُﻜِﻴْﻦ

ﺃَﺣَﺪُ ﺍﻟْﻤُﻠُﻮْﻙِ ﺍﻷَﻣْﺠَﺎﺩِ

ﻭَﺍﻟْﻜُﺒَﺮِﺀﺍَ ﻭَﺍﻷَﺟْﻮَﺍﺩِ،

ﻭَﻛَﺎﻥَ ﻟَﻪُ ﺁﺛﺎَﺭٌ ﺣَﺴَﻨَﺔٌ

ﻭَﻫُﻮَ ﺍﻟَّﺬِﻱْ ﻋَﻤَّﺮَ

ﺍﻟْﺠَﺎﻣِﻊَ ﺍﻟْﻤُﻈَﻔَّﺮِﻱَّ

ﺑِﺴَﻔْﺢِ ﻗَﺎﺳِﻴُﻮْﻥ َ .

“Menurutku: Pada dasarnya peringatan maulid, berupa kumpulan orang-orang, berisi bacaan beberapa ayat al-Qur’ an, meriwayatkan hadits-hadits tentang permulaan sejarah Rasulullah dan tanda-tanda yang mengiringi kelahirannya, kemudian disajikan hidangan lalu dimakan oleh orang-orang tersebut dan kemudian mereka bubar setelahnya tanpa ada tambahan-tambahan lain, adalah termasuk bid ’ah hasanah yang pelakunya akan memperoleh pahala. Karena perkara semacam itu merupakan perbuatan mengagungkan terhadap kedudukan Rasulullah dan merupakan penampakan akan rasa gembira dan suka cita dengan kelahirannya yang mulia. Orang yang pertama kali merintis peringatan maulid ini adalah penguasa Irbil, Raja al-Muzhaffar Abu Sa'id Kaukabri Ibn Zainuddin Ibn Buktukin, salah seorang raja yang mulia, agung dan dermawan. Beliau memiliki peninggalan dan jasa-jasa yang baik, dan dialah yang membangun al-Jami ’ al-Muzhaffari di lereng gunung Qasiyun ”.

3. Fatwa al-Imam al-Hafizh as-Sakhawi seperti disebutkan dalam al-Ajwibah al-Mardliyyah, sebagai

berikut:

ﻟَﻢْ ﻳُﻨْﻘَﻞْ ﻋَﻦْ ﺃَﺣَﺪٍ ﻣِﻦَ

ﺍﻟﺴَّﻠَﻒِ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺢِ ﻓِﻲْ

ﺍﻟْﻘُﺮُﻭْﻥِ ﺍﻟﺜَّﻼَﺛَﺔِ

ﺍﻟْﻔَﺎﺿِﻠَﺔِ، ﻭَﺇِﻧَّﻤَﺎ ﺣَﺪَﺙَ

ﺑَﻌْﺪُ، ﺛُﻢَّ ﻣَﺎ ﺯَﺍﻝَ ﺃَﻫْـﻞُ

ﺍﻹِﺳْﻼَﻡِ ﻓِﻲْ ﺳَﺎﺋِﺮِ

ﺍﻷَﻗْﻄَﺎﺭِ ﻭَﺍﻟْﻤُـﺪُﻥِ

ﺍﻟْﻌِﻈَﺎﻡِ ﻳَﺤْﺘَﻔِﻠُﻮْﻥَ ﻓِﻲْ

ﺷَﻬْﺮِ ﻣَﻮْﻟِﺪِﻩِ -ﺻَﻠَّﻰ ﺍﻟﻠﻪُ

ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻭَﺷَﺮَّﻑَ

ﻭَﻛَﺮَّﻡَ- ﻳَﻌْﻤَﻠُﻮْﻥَ

ﺍﻟْﻮَﻻَﺋِﻢَ ﺍﻟْﺒَﺪِﻳْﻌَﺔَ

ﺍﻟْﻤُﺸْﺘَﻤَﺔَﻠِ ﻋَﻠَﻰ

ﺍﻷُﻣُﻮْﺭِ ﺍﻟﺒَﻬِﺠَﺔِ

ﺍﻟﺮَّﻓِﻴْﻌِﺔَ،

ﻭَﻳَﺘَﺼَﺪَّﻥْﻮُﻗَ ﻓِﻲْ

ﻟَﻴَﺎﻟِﻴْﻪِ ﺑِﺄَﻧْﻮَﺍﻉِ

ﺍﻟﺼَّﺪَﻗَﺎﺕِ، ﻭَﻳُﻈْﻬِﺮُﻭْﻥَ

ﺍﻟﺴُّﺮُﻭْﺭ،َ ﻭَﻳَﺰِﻳْﺪُﻭْﻥَ

ﻓِﻲْ ﺍﻟْﻤَﺒَﺮَّﺍﺕِ، ﺑَﻞْ

ﻳَﻌْﺘَﻨُﻮْﻥَ ﺑِﻘِﺮَﺍﺀَﺓِ

ﻣَﻮْﻟِﺪِﻩِ ﺍﻟْﻜَﺮِﻳْﻢ،ِ

ﻭَﺗَﻈْﻬَﺮُ ﻋَﻠَﻴْﻬِﻢْ ﻣِﻦْ

ﺑَﺮَﻛَﺎﺗِﻪِ ﻛُﻞُّ ﻓَﻀْﻞٍ

ﻋَﻤِﻴْﻢٍ ﺑِﺤَﻴْﺚُ ﻛَﺎﻥَ ﻣِﻤَّﺎ

ﺟُﺮِّﺏَ". ﺛُﻢَّ ﻗَﺎﻝَ: "ﻗُﻠْﺖُ:

ﻛَﺎﻥَ ﻣَﻮْﻟِﺪُﻩُ ﺍﻟﺸَّﺮِﻳْﻒُ

ﻋَﻠَﻰ ﺍﻷَﺻَﺢِّ ﻟَﻴْﻠَﺔَ

ﺍﻹِﺛْﻨَﻴْﻦِ ﺍﻟﺜَّﺎﻧِﻲَ ﻋَﺸَﺮَ

ﻣِﻦْ ﺷَﻬْﺮِ ﺭَﺑِﻴْﻊ ﺍﻷَﻭَّﻝِ،

ﻭَﻗِﻴْﻞَ: ﻟِﻠَﻴْﻠَﺘَﻴْﻦِ

ﺧَﻠَﺘَﺎ ﻣِﻨْﻪُ، ﻭَﻗِﻴْﻞَ:

ﻟِﺜَﻤَﺎﻥٍ، ﻭَﻗِﻴْﻞَ: ﻟِﻌَﺸْﺮٍ

ﻭَﻗِﻴْﻞَ ﻏَﻴْﺮُ ﺫَﻟِﻚَ،

ﻭَﺣِﻴْﻨَﺌِﺬٍ ﻓَﻼَ ﺑَﺄْﺱَ

ﺑِﻔِﻌْﻞِ ﺍﻟْﺨَﻴْﺮِ ﻓِﻲْ ﻫﺬِﻩِ

ﺍﻷَﻳَّﺎﻡِ ﻭَﺍﻟﻠَّﻴَﺎﻟِﻲْ ﻋَﻠَﻰ

ﺣَﺴَﺐِ ﺍﻻﺳْﺘِﻄَﺎﻋِﺔَ ﺑَﻞْ

ﻳَﺤْﺴُﻦُ ﻓِﻲْ ﺃَﻳَّﺎﻡِ

ﺍﻟﺸَّﻬْﺮِ ﻛُﻠِّﻬَﺎ

ﻭَﻟَﻴَﺎﻟِﻴِﻪْ .

“Peringatan Maulid Nabi belum pernah dilakukan oleh seorang-pun dari kaum Salaf Saleh yang hidup pada tiga abad pertama yang mulia, melainkan baru ada setelah itu di kemudian. Dan ummat Islam di semua daerah dan kota-kota besar senantiasa mengadakan peringatan Maulid Nabi pada bulan kelahiran Rasulullah. Mereka mengadakan jamuan-jamuan makan yang luar biasa dan diisi dengan hal-hal yang menggembirakan dan baik.

Pada malam harinya, mereka mengeluarkan berbagai macam sedekah, mereka menampakkan kegembiraan dan suka cita.

Mereka melakukan kebaikan-kebaikan lebih dari biasanya. Mereka bahkan meramaikan dengan membaca buku-buku maulid. Dan nampaklah keberkahan Nabi dan Maulid secara merata. Dan ini semua telah teruji ”. Kemudian as-Sakhawi

berkata: “Aku Katakan: “Tanggal kelahiran Nabi menurut pendapat yang paling shahih adalah malam Senin, tanggal 12 bulan Rabi’ ul Awwal. Menurut pendapat lain malam tanggal 2, 8, 10 dan masih ada pendapat-pendapat lain. Oleh karenanya tidak mengapa melakukan kebaikan kapanpun pada hari-hari dan malam-malam ini sesuai dengan kesiapan yang ada, bahkan baik jika dilakukan pada hari-hari dan malam-malam bulan Rabi'ul Awwal seluruhnya” .Jika kita membaca fatwa-fatwa para ulama terkemuka ini dan merenungkannya dengan hati yang jernih, kita akan mengetahui bahwa sebenarnya sikap “ sinis” yang timbul dari sebagian orang yang mengharamkan Maulid Nabi

tidak lain hanya didasarakan kepada hawa nafsu belaka.Orang-orang semacam itu sama sekali tidak peduli dengan fatwa-fatwa para ulama saleh terdahulu. Diantara pernyataan mereka yang sangat merisihkan ialah bahwa mereka seringkali menyamakan peringatan maulid Nabi ini dengan perayaan Natal yang dilakukan oleh orang-orang Nasrani. Bahkan salah seorang dari mereka, karena sangat benci terhadap perayaan Maulid Nabi ini, dengan tanpa malu dan tanpa risih sama sekali

berkata:

ﺇِﻥَّ ﺍﻟﺬَّﺑِﻴْﺤَﺔَ ﺍﻟَّﺘِﻲْ

ﺗُﺬْﺑَﺢُ ﻹِﻃْﻌَﺎﻡِ ﺍﻟﻨَّﺎﺱِ

ﻓِﻲْ ﺍﻟْﻤَﻮْﻟِﺪِ ﺃَﺣْﺮَﻡُ ﻣِﻦَ

ﺍﻟْﺨِﻨْﺰِﻳِﺮْ .

“Sesungguhnya binatang sembelihan yang disembelih untuk menjamu orang dalam peringatan maulid lebih haram dari daging babi ”. Orang-orang anti maulid ini menganggap bahwa perbuatan bid ’ah semcam Maulid Nabi ini adalah perbuatan yang mendekati syirik. Dengan demikian, - menurut mereka-, lebih besar dosanya dari pada memakan daging babi yang hanya haram saja dan tidak mengandung unsur syirik.

Jawab: Na ’udzu Billah. Sungguh sangat kotor dan buruk perkataan orang semacam ini. Bagaimana ia berani dan tidak punya rasa malu sama sekali mengatakan peringatan Maulid Nabi, -yang telah disetujui oleh para ulama dan orang-orang saleh dan telah dianggap sebagai perkara baik oleh para ahli hadits dan lainnya-, dengan perkataan seburuk seperti ini?! Orang seperti ini benar-benar tidak tahu diri. Apakah dia merasa telah menjadi seperti al-Hafizh Ibn Hajar al- ‘Asqalani, al-Hafzih as-Suyuthi atau al-Hafizh as-Sakhawi atau bahkan merasa lebih alim dari mereka?! Bagaimana ia membandingkan makan daging babi yang telah nyata dan tegas hukum haramnya di dalam AlQur'an, lalu ia samakan dengan peringatan Maulid Nabi yang sama sekali tidak ada pengharamannya dari nash-nash syari ’at?! Ini artinya, bahwa orang-orang semacam dia yang mengharamkan maulid ini tidak mengetahui Maratib al-Ahkam; tingkatan-tingkatan hukum. Mereka tidak mengetahui mana yang haram dan mana yang mubah, mana yang haram dengan nash dan mana yang haram dengan istinbath. Tentunya orang-orang "tolol” semacam ini sama sekali tidak layak untuk diikuti dan dijadikan panutan atau ikutan dalam mengamalkan ajaran agama Allah ini.

Semoga bermanfaat.

1 komentar :

  1. makasih bgt mas bro artikelnya... maaf ijin share ke FB dan sdh tak share baru ijin. maaf ya

    BalasHapus

Anda sopan kamipun segan :)