كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ PECINTA RASULULLAH.COM menyajikan artikel-artikel faktual sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi demi kelestarian aswaja di belahan bumi manapun Terimakasih atas kunjungannya semoga semua artikel di blog ini dapat bermanfaat untuk mempererat ukhwuah islamiyah antar aswaja dan jangan lupa kembali lagi yah

Senin, 06 Februari 2012

DALIL ADA NYA BID'AH HASANAH UNTUK MEMBUNGKAM WAHABI

By 'aLa Kulli Haal

Ini bukan mengambil dari syiekh gogel, tapi asli dari kitab kitab ulama, dan saya memang punya kitabnya, tidak seperti wahabi salafi yang sering bermodalkan copasan di gogel tanpa punya kitab aslinya, dan yang parahnya mereka sendiri tidak faham dengan yang di copasnya, ini faktanya di facebook, wahahaha...

Baca dengan teliti yaaa...!!!

وبسندي المتصلة إلى الإمام مالك بن أنس صاحب الموطأ قال حدثني ابن شهاب عن عروة بن الزبير عن عبد الرحمن بن عبد القاري
Dengan sanadku dari guruku yang benar-benar tersambung sampai ke imam Malik bin Anas, beliau dari Ibnu syihab, dari Urwah bin zubair, dari Abdul rahman bin abd qori.
أنه قال خرجت مع عمر بن الخطاب فى رمضان إلى المسجد
Bhwasanya berkata ia, aku keluar bersama umar bin khattab pada bulan ramadhan ke mesjid.
فإذا الناس أوزاع متفرقون يصلى الرجل لنفسه ويصلى الرجل فيصلي بصلاته الرهط
Tiba-tiba manusia masing-masing berpisah-pisah, ada yang sholat sendri, ada juga yang berimaman masing-masing yang jumlahnya sedikit-sedikit ( maksudnya ada yang sholat tarawh sendiri ada juga yang disana berimaman, disananya lagi berimaman ).
فقال عمر : والله إني لأراني لو جمعت هولاء على قارئ واحد لكان أمثل
Lalu Umar berkata : Demi Allah, aku punya pendapat jikalau aku kumpulkan saja mereka semua ini atas imam ( qori ) yang satu saja.
فجمعهم على أبي بن كعب قال خرجت معه ليلة أخرى والناس يصلون بصلاة قارئهم
Lalu umar kumpulkan mereka atas ubai bin ka'ab ( ini ubai adalah sahabat paling fashih dan qori, sampai-sampai Allah menyuruh Rasulullah membacakan AlQur'an kepada Ubai, bahkan dalam riwayat Allah dan Jibril berkirim salam kepada Ubai ini lewat rasul ).
Berkata lagi Abdul rahman : Aku keluar lagi bersama Umar pada malam lain, dan manusia sedang sholat dengan imam mereka ( ubai bin ka'ab )
فقال عمر : نعمت البدعة هذه.
Maka berkata lah Umar : "SEBAIK-BAIK, SEBAGUS-BAGUS BID'AH ADALAH INI"

Pembahasan pertama :

Jikalau ucapan sayidina Umar itu lugawi, lalu apakah maulid dan tahlilan juga tidak bisa dikategorikan bid'ah lugawi?

Kemudian bid'ah yang sesat hanya ada pada masalah ibadat bukan duniawi, lalu perkataan sayidina Umar tertuju pada berjamaahnya sholat taraweh, apakah sholat taraweh itu bukan hal ibadah?

Kemudian jikalau taraweh berjamaah itu sebelumnya adalah sunnah Rasulillah, kenapa sayidina Umar tidak membawa ibarat dengan hazihi sunnatun Nabi?

Buktinya taraweh itu tidak dikerjakan berjamaah pada zaman Rasulullah sehingga Umar menamakan nya BID'AH HASANAH, liat lah dbwh ini...!!!

Dalam kitab Tanwirul hawalik syarah Muwattho imam Malik ( lahir pada tahun 90 hijriah dan wafat tahun 179 hjriah ) yang disyarahkan oleh imam Jalaluddin sayuti ( lahirnya pada tahun 849 hijriah dan wafat beliau tahun 911 hijriah ) cetakan darul fikr tahun 2004, halaman 165 baris ke 5 dari bawah kitab.

Kalau cetakan tahun 2008, halaman 120 baris ke 13 dari bawah kitab, sekarang harga kitabnya sekitar 85 ribuan rupiah.
Ini nash nya :
ويصح أن يكونوا لا يصلون إلا في بيوتهم أو يصلى الواحد منهم في المسجد.
Dan benarlah keadaan mereka para sahabat tidak sholat taraweh kecuali dirumahnya masing-masing atau sholat dimesjid juga, cuma sendri-sendiri saja, tanpa imam.

ويصح أن يكونوا لم يجمعوا على إمام واحد ولكنهم كانوا يصلون أوزاعا متفرقين
Dan benar juga keadaan mereka tidak berkumpul atas imam yang satu, tapi mereka sholat berpisah-pisah dengan imam masing-masing, atau sendiri-sendiri.
وقال النووى : معناه استمر الأمر هذه المدة على أن كل واحد يقوم رمضان في بيته منفردا حتى انقضى صدر من خلافة عمر ثم جمعهم عمر على أبي بن كعب فصلى بهم جماعة واستمر العمل على فعلها جماعة.
Berkata imam Nawawi ( lahir 631- dan wafat thn 676 hijriah ) : Berlalu ini keadaan atas masing-masing sholat taraweh dirumahnya sendri-sendiri ( tidak ber imaman pada satu imam ) sampai pada permulaan ke khalifahan Umar, kemudian beliau kumpulkan mereka atas berimam dengan Ubai bin ka'ab, dan sholatlah ia dengan mengimami mereka secara berjamaah, dan setelah itu terus meneruslah brjamaahan.

قال الحافظ ابن حجر: قوله الأمر على ذلك أي على ترك الجماعة في التراويح
Berkata imam Ibnu hajar asqalani ( lahir thn 773 dan wafat tahun 852 hijriah ) : Maksud al amru Ala zalik adalah atas meninggalkan berjamaah pada tarawih.
ولأحمد في رواية ابن ذئب عن الزهري في هذا الحديث ولم يكن رسول الله صلى الله عليه وسلم جمع الناس على القيام
Pada musnad Ahmad bin hanbal ( lahir tahun 164 wafat tahun 241 hijriah ) pada riwayat ibnu zi'bi dr zuhri pada ini : TIDAK ADA RASULULLAH MENGUMPULKAN SAHABAT UNTUK TARAWIH BERJAMAAH.
ما رواه ابن وهب عن أبي هريرة خرج رسول الله صلى الله عليه وسلم وإذا الناس في رمضان يصلون في ناحية المسجد فقال ما هذا ؟ فقيل ناس يصلي بهم أبي بن كعب فقال أصابوا ونعم ما صنعوا . ذكره ابن عبد البر ففيه مسلم بن خالد وهو ضعيف
Adapun hadist yang driwayatkan oleh Ibnu wahbin dari Abu hurairah : Pada waktu bulan ramadhan para shabat sholat taraweh ditengah dan disudut masjid, lalu Rasulullah bertanya apa ini? Maka dijawab orang : Sholat dengan meng imami mereka Ubai bin ka'ab, lalu Rasulullah berkata : Dapat pahalalah mereka, dan itu sebagus-bagusnya perbuatan.
Lalu Ibnu abdil bar menyebutkan didalamnya ada Muslim bin khalid, dan hadist ini dhoif ( tidak boleh dipakai untuk suatu hukum )
والمحفوظ أن عمر هو الذي جمع الناس على أبي بن كعب
Dan riwayat yang memang terpelihara, adalah memang umar yang awal-awal mengumpulkan manusia untuk taraweh atas imam ubai bin ka'ab, bukan Rasulullah SAW.

Berkata imam Ibnu hajar asqalani ( lahir tahun 773 hjriah wafat tahun 852 hijriah ) dalam kitab beliau Fathul baari syarah shohih bukhari di jilid ke 5 halaman 219 cetakan darul kutub ilmiyah baris ke 3 dari bawah yang jumlah jilidnya 16 jilid cetakan tahun 2009 yang harganya dipasaran sebesar 1 juta 100 ribu rupiah.

قوله قال عمر نعم البدعة ) ...
والبدعة أصلها ما أحدث على غير مثال سابق وتطلق في الشرع في مقابل السنة فتكون مذمومة
Bid'ah itu pada asalnya sesuatu yang dibuat baru atas tanpa mencontoh yang telah lewat, sering dipakai orang pada istilah syariat untk lawan sunnah, maka jadi lah bid'ah itu jahat,

والتحقيق أنها إن كانت مما تندرج تحت مستحسن في الشرع فهي الحسنة وإن كانت مما تندرج تحت مستقبح في الشرع فهي مستفبحة وإلا فهي من قسم المباح وقد تنقسم إلى الأحكام الخمسة
Tapi yang sebenarnya begini, jikalau bid'ah itu masuk pada kebaikan dalam SYARI'AT ( bukan duniawi saja atau lugawi ) maka iya adalah bid'ah hasanah, tapi jika masuk pada kejahatan dalam syariat agama ( bukan duniawi saja atau lugawi ) maka iya bid'ah mazmumah ( jahat ).
Tapi jika tidak ada masuk pada kebaikan maupun keburukan dalam syariat, MAKA IA TERMASUK MUBAH, dan telah dbagi ulama tentang bid'ah ini menjadi 5 hukum.

Salah satu bukti adanya bid'ah hasanah dalam syari'at agama adalah perkataan sang mujtahid mutlaq imam Syafi'i ( lahir tahun 150 dan wafat tahun 204 hijriah ).

Dalam kitab hilyatul auliya Abu nu'aim al ashfihani ( lahir tahun 336 dan wafat tahun 430 hijriah ) cetakan darul fikr tahun 1996 brjumlah 11 jilid, harganya sekitar 850 ribu, ada tertulis dalam jilid 9 halaman 113 sekitar 4 baris dari bawah kitabnya, nash nya begini :
وبسندي المتصلة إلى الحافظ أبو نعيم قال حدثنا أبو بكر الآجري ثنا عبد الله بن محمد العطش ثنا إبرهيم بن الجنيدي ثنا
Dengan sanadku yang betul-betul tersambung sampai ke imam Abu nu'aim berkata beliau, telah meriwayatkan kepada kami oleh Abu bakar, Haddatsanaa abdullah haddatsana ibrahim.
حرملة بن يحيى قال سمعت محمد بن إدريس الشافعي يقول : البدعة بدعتان،بدعة محمودة وبدعة مذمومة ، فما وافق السنة فهو محمود وما خالف السنة فهو مذموم . واحتج بقول عمر بن الخطاب في قيام رمضان : نعمت البدعة هي
Telah meriwayatkan oleh Harmalah bin yahya berkata ia : Aku mendengar imam Muhammad bin idris syafi'i ( lahir tahun 150 hijriah, dan wafat tahun 204 hijriah ) berkata : bermula bid'ah SYARI'AT ( alif lam pada kalimat bid'ah itu lil'ahdiz zihni ) yaitu 2 macam :

1. Bid'ah mahmudaH
2. Bid'ah mazmumah

Maka yang mencocoki dengan sunnah, itu mahmudah, yang tidak mencocoki itu mazmumah, dan beliau mengambil dalil dengan perkataan sayidina Umar pada waktu taraweh ramadhan, Ni'matil bid'atu hiya.

Dalam kitab sirojut tholibin syarah minhajul abidin oleh kiyai Ihsan jampes kediri, jilid 1 halaman 97 baris ke 4 dari atas cetakan darul fikr tahun 2002 ( cetakan bagus ) yang harga kitabnya sekarang sekitar 90 ribuan.

Dan yang anehnya cetakan darul kutubil ilmiyah beirut tahun 2006 menulis pengarang kitab itu Sayid Ahmad zaini dahlan almakki guru dari syekh Bakri syato, dan ini mungkin ada kesalahan pada menulis pengaran itu, yang benarnya itu karangan orang indonesia KH. Ihsan bin ahmad dahlan kediri.

Tertulis didalamnya tentang imam Ibnu abdissalam ( lahir tahun 557 hjriah-wafat tahun 660 hijriah ) membagi bid'ah menjadi 5 hukum.
وقسم ابن عبد السلام الحوادث إلى الأحكام الخمسة فقال : البدعة فعل ما لم يعهد في عصر رسول الله
واجبة كتعليم النحو وغريب الكتاب والسنة ونحوهما......
محرمة كمذهب القدرية والجبرية والمجسمة
مندوبة كإحداث الربط والمدارس...
مكروهة كزخرفة المساجد
والمباحة كالمصافحة عقب صلاة الصبح والعصر

Masih dalam halaman kitab Sirojut tholibin tadi, dan nash dibawah ini juga ada dalam kitab Fathul mubin syarah arbain karangan Ibnu hajar haitami ( lahir tahun 909 h- wafat tahun 974 hijriah ) cetakan darul minhaj 1 jilid aja halaman 223 baris paling bawah kitab menuju halaman 224 yang harga kitabnya sekitar 80 ribu dipasaran.
وقال الشافعي رضي الله عنه : ما أحدث وخالف كتابا أو سنة أو إجماعا أو أثرا أي القياس فهو بدعة ضلالة، وما أحدث من الخير ولم يخالف شيئا من ذلك فهو البدعة المحمودة
والحاصل أن البدعة الحسنة متفق على ندبها
Dan juga beliau menuliskan dalil maulid nabi yang dikumandangkan oleh imam Abu syamah ( ulama qurun 600 hijriah )
قال الإمام أبو شامة شيخ النووي : ومن أحسن ما ابتدع في زماننا ما يفعل كل عام في اليوم الموافق ليوم مولده صلى الله عليه وسلم من الصدقة والمعروف وإظهار الزينة والسرور فإن ذلك مع ما فيه من الإحسان إلى الفقراء مشعر بمحبة النبي صلى الله عليه وسلم وتعظيمه وجلالته في قلب فاعل ذلك وشكر لله تعالى على ما من به من إيجاد رسول الله الذي أرسله رحمة للعالمين

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Anda sopan kamipun segan :)