كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ PECINTA RASULULLAH.COM menyajikan artikel-artikel faktual sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi demi kelestarian aswaja di belahan bumi manapun Terimakasih atas kunjungannya semoga semua artikel di blog ini dapat bermanfaat untuk mempererat ukhwuah islamiyah antar aswaja dan jangan lupa kembali lagi yah

Senin, 06 Februari 2012

RINGKASAN HASIL MUTAALAH SAYA DIBERBAGAI KITAB MENGENAI PEMBAHASAN BID'AH

By 'aLa Kulli Haal

Karena telah lama masalah bid'ah masih belum selesai-selesai, karena itu saya mau meringkas hasil mutalaah saya dari berbagai kitab.

Jadi mukhtashornya adalah :

1. Para imam yang bermazhab Hanafi mengatakan bid'ah itu tidak ada yang hasanah pada syariat, tapi bid'ah itu cuma dua, yaitu bid'ah makruh dan bid'ah haram.

2. Para imam yang bermazhab maliki mengatakan bid'ah itu dholalah dan haram secara mutlaq walaupun banyak orang yang memandangnya baik.

3. Para imam yang brmazhab SYAFI'I dan ini adalah mazhab saya juga, mengatakan bid'ah itu ada dua, hasanah dan sayyi-ah pada syariat, terbagi 5 hukum, yaitu wajib, sunat, makruh, mubah dan haram.

4. Para imam yang bermazhab hanbali mengatakan bid'ah pada syariat adalah sesat semua, dan pada duniawiyah atau lugawi namanya bukan bid'ah tapi mashlahat mursalah.

Sekarang tinggal keputusan kita aja, kita ikut mazhab imam mana?

Kalau aku bermazhab syafi'i.

Kalau salafi wahabi sepertinya mazhabnya campur-campur deh, alias talfiq, jadi agama kepercayaan wahabi adalah agama plin plan.
Plin plan alias cmpur-campur, ini tidak baik, karena mau yang enaknya aja... ^_^

Adapun memegang AlQur'an, Hadist dan qaul-qaul sahabat secara langsung ( atau kata mereka manhaj salaf ) ini tidak bisa dipegang juga sebelum ditarjih oleh para imam yang menyusun kitab-kitab fiqh secara ber bab-bab dan fashal-fashal dan kitab kitab.

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar :

Poskan Komentar

Anda sopan kamipun segan :)