By Ala Kulli Haal
Perbedaan basmalah dalam fiqh dan qira'at oleh khadim tahfizd alquran darussalam martapura
Kumpulan rawi qiraat yang tidak memasukkan basmalah sebgai ayat di surah fatihah dalam mushaf mereka, tapi pada "أنعمت عليهم"
adalah 1 ayat sebagai ganti basmalah.
1.Rawi QALUN
2.Rawi WARSY
3.Rawi AD DURY dari riwayat imam abu amrin
4.Rawi AS SUSY
5.Rawi HISYAM
6.Rawi IBNU ZAKWAN
6 rawi dari 3 imam ini tidak memasukkan basmalah dalam ayat alfatihah
Adapun imam imam mazhab ada beberapa macam perbedaan.
1.Imam abu hanifah membaca basmalah tidak wajib,tapi basmalah adalah sunnat ab'adh dsisi beliau,dan membcanya pun dgn sirr,jd apabila dalam fatihah tdk berbasmalah,maka sunnat sujud sahwi,
jika syafi'iyah ikut di belakang hanafiah,maka sholatnya shoh
2.Imam malik memakruhkan basmalah,dan tidak membca basmalah sama ada jahar atau sir,sndrian atau imaman
jika syafi'iyah ikut di belakang malikiyah, maka sholatnya tidak shoh,dan harus diulang sendirian
3.Adapun mazhab kita syafi'i menjaharkan basmalah, seperti yang kita pelajari di indonesia ini, dan termasuk ayat fatihah yang wajib, seperti yang tertera pada mushaf-mushaf rawi qiraat slain yang 6 rawi diatas,
aku sebutkan saja rawi-rawi yang memasukkan basmalah sebgai ayat dalam mushaf mereka dan tidak menghitung أنعمت عليهم
Sebagai ayat.
1.Rawi BAZZI
2.Rawi QUNBUL
3.Rawi Kita HAFSH mushaf yang kita pakai di indonesia
4.Rawi SYU'BAH
5.Rawi KHALAF
6.Rawi KHALLAD
7.Rawi ADDURY dr riwayat KISAA-I
8.Rawi ABUL HARITS
4. Imam ahmad bin hanbal mensunatkan membaca basmalah , dan beliau tidak memasukkan basmalah dalam ayat alfatihah, cuma disini beliau memasukkan dalam sunat hai-at, jadi jika meninggalkan basmalah tidak sujud sahwi. Jika syafi'iyah mengikut di belakang hanabilah, maka sholatnya shah.
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar
Anda sopan kamipun segan :)