كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ الْكِتَابِ لَكَانَ خَيْرًا لَهُمْ مِنْهُمُ PECINTA RASULULLAH.COM menyajikan artikel-artikel faktual sebagai sarana berbagi ilmu dan informasi demi kelestarian aswaja di belahan bumi manapun Terimakasih atas kunjungannya semoga semua artikel di blog ini dapat bermanfaat untuk mempererat ukhwuah islamiyah antar aswaja dan jangan lupa kembali lagi yah

Senin, 06 Februari 2012

RIWAYAT SANAD TENTANG GUUL SAYIDINA ALI PADA MASALAH ARSY

By 'aLa Kulli Haal

Dalam kitab Alfarqu bainal farqi imam Abdul qahir Abu manshur albagdadi tidak menyebutkan sanadnya, tapi setelah saya periksa, ternyata guru beliau, dan gurunya guru beliau terus bersambung sampai ke sayidina Ali karramallahu wajhah.
Ini sanadnya :

أبو منصور عبد القاهر بن طاهر بن محمد البغدادي
Abu manshur albagdadi beliau seorang ulama besar di zamannya, punya karangan banyak, salah satu ulama Syafi'i yang ternama, beliau guru imam Baihaqi, imam Qusyairi dan lain lain.
Silahkan buka thobaqat syafi'iyah kubro,siyar imam Zahabi.
Beliau wafat tahun 429 hijriah
عن أبي عمرو بن نجيد النيسابوري
Abu amrin bin najid naisabur, beliau adalah wali autad, ulama tasawuf, beliau juga pemurah, silahkan buka tobaqat syafi'iyah kubro, beliau wafat tahun 365 hijriah.
عن محمد بن أيوب الرازي
Muhammad bin ayyub arrazi, beliau ahli hadist dan tsiqoh , orang yang panjang umur, beliau wafat pada tahun 274 hijriah,silahkan buka siyar imam zahabi.
عن مسلم بن إبراهيم الأزدي
Muslim bin ibrahim azdi , beliau dari junior tabi'ut tabi'in, dan kata Ibnu hajar, imam Zahabi dan ibnu muin, beliau adalah hafizh dan tsiqoh yang dapat dipercaya, beliau wafat tahun 222 hijriah , silahkan buka tahzibut tahzib, tahzibul kamal, dan siyar.

عن أبي يزيد البصري
Beliau adalah aban bin yazid albashri,
Beliau seorang senior tabi'ut tabi'in, beliau sangat tsiqoh kata Ibnu hajar dan imam Zahabi, beliau wafat tahun 160 hijriah.

عن الحسن البصري
Hasan albashri ini sudah tak diragukan lagi ilmu beliau, keimaman beliau, dan beliau dari tabi'in yang paling alim, beliau wafat tahun 110 hijriah.
Ibnu hajar mengatakan bahwa beliau sangat tsiqoh,
Imam Zahabi pun mengatakan beliau seorang imam besar,
Dan beliau langsung mengambil ilmu dari sayidina Ali karramallahu wajhah.
عن أمير المؤمنين علي رضي الله عنه قال : إن الله تعالى خلق العرش إظهارا لقدرته لا مكانا لذاته
وقال أيضا قد كان ولا مكان
Amirul mu'minin Ali bin abi tholib berkata : Sesungguhnya Allah menciptakan arsy itu karena untuk menampakkan kekuasaan beliau, bukan menjadikan tempat untuk diri beliau
Dan beliau berkata lagi : "Allah itu ada tanpa tempat".

Semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Anda sopan kamipun segan :)